Renstra 2010-2015

 

 
   

 

 


BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1  LATAR BELAKANG

Rencana Strategis Dinas Kependudukan Dan Pencatatan sipil Kabupaten Malang merupakan rangkaian kegiatan yang berupaya untuk selalu meningkatkan kualitas dalam penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang Administrasi Kependudukan dan Pencatatan sipil, efisiensi anggaran, optimalisasi SDM, dan peningkatan kinerja. Dalam rencana strategis ini diformulasikan perwujudan pandangan ideal yang akan dicapai di masa yang akan datang. Untuk itu dibutuhkan dukungan dari seluruh komponen, dari unsur Pimpinan dan Staf, dengan memperhatikan kebutuhan dan harapan masyarakat.

Untuk merealisasikan keinginan dan harapan, rencana tersebut dituangkan dalam visi, misi, tujuan, dan pengukuran kinerja yang berkaitan erat dengan tugas pokok dan fungsi organisasi, secara jelas dan praktis, serta didasarkan pada hasil pengujian faktor internal dan eksternal, sehingga didapatkan rumusan tujuan, alokasi sumber daya, dan pencapaian sasaran yang berguna bagi organisasi dalam kurun waktu yang ditentukan.

Dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Dinas Kependudukan Dan Pencatatan sipil, diperlukan upaya peningkatan kapasitas SDM, peningkatan sarana dan prasarana, perbaikan kualitas kinerja dan penyempurnaan sistem, serta intensitas koordinasi dan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.

1.2 LANDASAN HUKUM

Landasan hukum yang digunakan dalam penyusunan Rencana Strategis Dinas Kependudukan Dan Pencatatan sipil Kabupaten Malang adalah :

1.1.1        Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 2004 Nomor 125, tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4437) sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2005 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 menjadi Undang-Undang (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 108, tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4548);

1.1.2        Undang-undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah;

1.1.3        Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;

1.1.4        Undang-undang Nomor 28 tahun 2010 tentang Pajak dan Retribusi Daerah;

1.1.5        Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2000 tentang Kewenangan Pemerintah dan Kewenangan Provinsi sebagai Daerah Otonom (Lembaran Negara Republik IndonesiaTahun 2000 Nomor 54, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3952);Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2003 tentang Pedoman Organisasi Perangkat Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 14, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4262);

1.1.6        Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Pendudukan dan Pencatatan sipil;

1.1.7        Peraturan Presiden Nomor 26 Tahun 2009 tentang Penerapan Kartu Tanda Penduduk Berbasis Nomor Induk Kependudukan Secara Nasional;

1.1.8        Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 28 Tahun 2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan sipil di Daerah;

1.1.9        Peraturan Daerah Kabupaten Malang Nomor 1 Tahun 2008 tentang Organisasi Perangkat Daerah;

1.1.10    Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan;

1.1.11    Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2010 tentang Retribusi Jasa Umum;

1.1.12    Peraturan Bupati Malang Nomor 10 Tahun 2008 tentang  Organisasi Perangkat Daerah  Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil Kabupaten Malang;

 

1.3              MAKSUD DAN TUJUAN

Rencana Strategis (Renstra) merupakan rangkaian tindakan dan kegiatan mendasar yang dibuat untuk diimplementasikan oleh seluruh jajaran Dinas dalam rangka pencapaian tujuan. Dengan demikian Rencana Strategis Dinas Kependudukan Dan Pencatatan sipil disusun dengan maksud untuk memberikan pedoman bagi perangkat daerah yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil Kabupaten Malang dalam melaksanakan kegiatan Pemerintah Kabupaten Malang dalam bidang Penataan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil selama kurun waktu 5 Tahun (2010 – 2015).

 

1.4               SISTEMATIKA PENULISAN

Perencanaan Strategis Dinas Kependudukan Dan Pencatatan sipil Kabupaten Malang ini disusun dengan sistematika sebagai berikut :

 

BAB I             PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

1.2  Landasan Hukum

1.3  Maksud dan Tujuan

1.4  Sistematika Penulisan

 

BAB II GAMBARAN PELAYANAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL

2.1  Tupoksi dan Struktur Organisasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

2.2  Sumber Daya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

2.3  Kinerja Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

2.4  Tantangan dan Peluang

 

BAB III ANLISIS STRATEJIK

3.1  Identifikasi Permasalahan berdasarkan tupoksi

3.2  Telaah Visi Misi RPJMD Kabupaten Malang Tahun 2010 - 2015

3.3  Telaah Renstra Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

3.4  Telaah RTRW dan Kajian Lingkngan Hidup Strategis Penentuan Isue-Isue Strategis

3.5  Penentuan Isu - Isu Strategis

 

BAB IV ISU – ISU STRATEGIS BERDASARKAN TUGAS DAN FUNGSI

4.1  Visi dan Misi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

4.2  Tujuan dan Sasaran jangka menengah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

4.3  Strategi dan Kebijakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

 

BAB V RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN, INDIKATOR KINERJA KELOMPOK SASARAN DAN PENDANAAN INDIKATIF

Tabel   

BAB VI INDIKATOR KINERJA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL YANG MENGACU PADA TUJUAN DAN SASARAN RPJMD

            Tabel

 


BAB II

GAMBARAN PELAYANAN

DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL

 

2.1 TUGAS  POKOK  DAN FUNGSI

Dinas Kependudukan Dan Pencatatan sipil melaksanakan tugas pokok penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang Administrasi Kependudukan.

Untuk melaksanakan tugas pokok dimaksud, Dinas Kependudukan Dan Pencatatan sipil mempunyai fungsi :

  1. Pengumpulan, Pengelolaan dan Pengendalian Data yang berbentuk Data Base serta analisis data untuk penyusunan program kegiatan;
  2. Perencanaan strategis pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil ;
  3. Perumusan Kebijakan teknis Bidang Kependudukan dan Pencatatan sipil ;
  4. Penyelenggaraan urusan Pemerintahan dan urusan Umum Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil ;
  5. Pembinaan dan pelaksanaan tugas Bidang Kependudukan dan Pencatatan sipil;
  6. Pelaksanaan, Pengawasan, Pengendalian serta Evaluasi dan Pelaporan peyelenggaraan Bidang Kependudukan dan Pencatatan sipil ;
  7. Pelaksanaan standart pelayanan minimal yang wajib dilaksanakan pada Bidang Kependudukan dan Pencatatan sipil ;
  8. Penyelenggara Kesekretariatan Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil ;
  9. Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Pencatatan sipil, Pengelolaan Informasi Adm Kependudukan dan Penyerasian perkembangan kependudukan;
  10. Pengkoordinasian Integrasi dan Sinkronisasi kegiatan Bidang Administrasi Kependudukan dan Penyerasian Perkembangan Kependudukan dilingkungan Pemerintah Daerah ;
  11. Pembinaan kepada masyarakat tentang Kependudukan dan Pencatatan sipil ;
  12. Pelaksanaan kerjasama dengan lembaga Pemeritah dan lembaga lainnya ;
  13. Koordinasi dengan Instansi terkait dalam hal kebijakan Kependudukan, Tertib Adminitrasi Kependudukan dan Analisis dampak Kependudukan ;
  14. Pelaksanaan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan ;
  15. Pembangunan dan Pengembangan Jaringan Komunikasi Data Kependudukan ;
  16. Perlindungan Data Pribadi penduduk dalam proses dan hasil Pedaftaraan Penduduk serta Pencatatan sipil pada Data Base Kependudukan;
  17. Pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia Pengelola Pendaftaran Penduduk, Pencatatan sipil, Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Penyerasian Perkembangan Kependudukan ;
  18. Pengawasan dan Pengendalian atas penyelenggaraan Pendaftaran Penduduk, Pencatatan sipil Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Peyerasian Perkembangan Kependudukan ;

 

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang terdiri dari :

1.      Kepala Dinas

2.      Bagian Sekretariat terdiri dari :

-          Sub.Bagian Umum dan Kepegawaian ;

-          Sub. Bagian Keuangan 

-          Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan

3.      Bidang  Pendaftaran Penduduk terdiri dari :

-          Kasi Penerbitan Adminitrasi  kependudukan;

-          Kasi Perpindahan Inter dan Intra Daerah

-          Kasi Pemeliharaan Data Penduduk 

4.      Bidang Pencatatan Sipil terdiri dari :

-          Kasi Kelahiran dan Kematian

-          Kasi Perkawinan, Pengakuan, Pengesahan Anak dan Perceraian;

-          Kasi Penyimpanan Pemeliharaan dan Perubahan Dokumen.

5.      Bidang Pengelolahan Informasi Data Kependudukan terrdiri dari :

-          Kasi Pengolahan Data Penduduk ;

-          Kasi Pengembangan Sistem dan Teknologi Informasi

-          Kasi Penyajian Informasi Kependudukan

6.      Bidang Pengembangan dan Pengkajian Kependudukan terdiri dari :

-          Kasi Penataan dan Pengendalian Penduduk;

-          Kasi Pengembangan Wawasan Kependudukan

-          Kasi Analisis Dampak Kependudukan

 

 

2.2 SUMBERDAYA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL

Dinas Kependudukan Dan Pencatatan sipil Kabupaten Malang memiliki 73                        orang pegawai baik PNS maupun PTT, dengan rincian sebagai berikut :

Jenjang Pendidikan Pegawai PNS

SD

SLTP

SLTA

Diploma

S1

S2

-

2

12

4

15

7

Kepangkatan

 

Gol I

Gol II

Gol III

Gol IV

 

 

2

8

24

6

 

Jenjang Jabatan

Non eselon

 

Last Update:13-02-2012 10:16